Baca Dulu, Ini Dia 8 Langkah Tepat Membeli Mobil Bekas

Baca Dulu, Ini Dia 8 Langkah Tepat Membeli Mobil Bekas

Seorang ibu tampak menyesal setelah beberapa hari memutuskan untuk membeli mobil bekas. Sepertinya dia terlalu terburu-buru memutuskan hingga akhirnya membeli mobil tersebut. Padahal andai saja ibu itu mau untuk sedikit bersabar dan meluangkan waktu untuk mencari tahu bagaimana seharusnya membeli mobil bekas mungkin kejadiannya tidak seperti ini. Bagi anda yang juga mau mebeli mobil bekas, baca dulu ini dia 8 langkah tepat membeli mobil bekas yang layak disimak.

Membeli mobil bekas bukanlah menjadi keputusan yang salah. Mobil bekas maupun mobil baru masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Hanya saja memang membeli mobil bekas tidak semudah membeli mobil baru. Ada banyak hal yang harus kita perhatikan.

Seperti halnya ilustrasi diatas, kadang tidak jarang kitapun mengalaminya. Bukan hanya ketika membeli mobil bekas. Membeli barang apapun ada baiknya kita tidak terburu-buru memutuskan.

Untuk itu, berikut ini kami akan mengulas mengenai 8 langkah tepat membeli mobil bekas yang patut anda baca dan jangan dilupakan.

  1. Periksa Body Luar Mobil

Body luar mobil merupakan hal pertama yang akan kita dan orang lain lihat. Untuk itu seringkali banyak orang mencoba untuk menutupi cacat yang ada pada body luar mobil. Nah PR pertama yang perlu kita periksa adalah memastikan bahwa body mobil bekas yang akan kita beli masih mulus.

Biasanya body mulus yang sudah ditambal atau dipoles jika diperhatikan akan sedikit berbeda. Perbedaan tersebut bisa kita lihat dari mulai warna yang agak berbeda hingga tingkat kerapihan atau kemulusan permukaan body.

Bagian yang paling sering mengalami pemolesan adalah bagian bemper mobil. Cacat yang terjadi biasanya beragam, dari mulai goresan hingga penyok. Selain itu bagian yang tak kalah penting juga ada di bagian belakang mobil. Ini biasanya terjadi kerusakan akibat kelalaian saat parkir mundur atau ditubruk dari belakang oleh pengendara mobil lainnya saat berada di jalanan.

  1. Periksa Interior Mobil

Setelah kita memeriksa bagian luar mobil, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa bagian interior mobil. Apa saja yang harus diperiksa? Yang pertama adalah pastikan bahwa bagian interior mobil bekas yang akan anda beli terhindar dari bau yang akan membuat anda tidak nyaman saat berada di dalamnya.

Meskipun bau mobil bisa dihilangkan, namun ada baiknya anda bisa membedakan mana bau yang merupakan bawaan mobil dengan mana bau yang diakibatkan oleh kelalaian pemilik mobil. Misalnya karena tidak sering dibersihkan atau terkena kotoran binatang-binatang lainnya.

Selain itu anda juga harus pastikan bahwa bagian aksesoris yang ada di dalam mobil seperti AC, jok, dan sebagainya masih merupakan aksesoris original pabrikan. Hal ini setidaknya akan mengurangi kekhawatiran anda bahwa mobil tersebut sudah terlalu banyak dimodifikasi.

  1. Periksa Bagian Mesin Mobil

Mesin merupakan nyawa yang sangat penting bagi sebuah mobil. Untuk mobil bekas, ketika kita akan membelinya maka kita harus lebih ekstra hati-hati ketika memeriksa bagian yang satu ini. Pastikan kondisi mesin masih bagus dan prima.

Kondisi mesin akan juga kita rasakan ketika kita mencoba untuk mengendarainya. Untuk itu ada baiknya anda meminta untuk melakukan test drive sebelum memutuskan membeli mobil bekas. Hal ini menjadi satu tahapan dari 8 langkah tepat membeli mobil bekas.

  1. Periksa Kelengkapan Dokumen

Setelah kita memastikan kondisi fisik mobil maka selanjutnya kita mesti memeriksa kelengkapan dokumen dari mobil tersebut. Dari mulai BPKB, STNK hingga dokumen lainnya mesti anda perhatikan. Karena dari dokumen-dokumen tersebut kta bisa mengetahui bagaimana kondisi sebetulnya mobil bekas yang akan kita beli tersebut.

Misalnya saja seperti pajak, kita bisa melihat seberapa tunduk si pemilik mobil untuk membayar pajak atas mobil yang akan dijualnya.

  1. Periksa Dokumen Servis Berkala

Servis berkala sangat diperlukan saat kita memiliki mobil. Dari catatan servis kita akan bisa melihat kondisi mobil yang akan kita beli. Setiap hitungan kilometer jarak tertentu atau berapa lama maka servis tersebut harus dilakukan.

Pemilik mobil yang baik akan melakukan servis berkala untuk memastikan bahwa kondisi mobil yang dimilikinya layak untuk dikendarai dan digunakan.

Mamang tidak sedikit orang melalaikan servis berkala tersebut. Yang pada akhirnya tidak jarang kita menemukan pemilik mobil mengalami mogok saat menggunakan kendaraannya tersebut di jalanan.

  1. Periksa Harga Pasaran dari Mobil Tersebut

Satu langkah yang tidak kalah penting adalah untuk melakukan pengecekan harga mobil yang akan kita beli di pasaran. Saat ini banyak situs jual beli mobi bekas yang memberikan informasi harga mobil lengkap dengan uraian mengenai kondisi mobil.

Dari uraian dan harga tersebut kita bisa membandingkan dengan mobil bekas yang akan kita beli. Semakin banyak kekurangan yang diceritakan biasanya harganya akan semakin murah. Namun jangan sampai anda juga tertipu karena si penjual tidak menceritakan kekurangan dari mobil yang dimilikinya sehingga anda tergiur dengan harga yang ditawarkan.

  1. Pastikan Waktu Yang Tepat untuk Membeli Mobil

Kapan biasanya waktu yang tepat untuk membeli mobil bekas? Biasanya mobil bekas akan banyak promo ektika akhir tahun menjelang. Bukan tanpa alasan, hal ini karena banyak orang yang berniat mengganti mobil mereka dengan yang lebih baru saat tahun baru tiba.

Selain itu promo-promo harga mobil bekas juga biasanya akan datang saat menjelang hari raya. Bonus dan Tunjangan Hari Raya (THR) akan mendorong orang untuk mencari mobil impian mereka. Sehingga mendorong para penjual mobil bekas untuk memasarkan produk-produk mereka lengkap dengan promo harganya yang memikat.

  1. Ajak Orang Ahli

Satu tahapan yang terakhir saat akan membeli mobil bekas adalah sebaiknya ajaklah orang ahli yang mengerti tentang mobil saat anda memeriksa kondisi mobil yang akan anda beli. Biasanya orang ahli akan lebih teliti saat dia melihat mobil yang dilihatnya. Selain itu memang empat mata lebih baik daripada 2 mata saat memeriksa berbagai kondisi mobil bekas.

Jangan sampai anda menyesal di kemudian hari setelah anda memutuskan membeli mobil bekas. Membeli mobil bekas boleh saja asal kita teliti memeriksa segala kondisinya. Kondisi mobil bekas kadang tidak kalah bagus dengan mobil baru jika memang pemilik mobil tersebut memang memperlakukan mobilnya dengan baik. Jangan terburu-buru saat membeli mobil bekas. Pastikan 8 langkah tepat membeli mobil bekas di atas sudah anda lalui satu persatu.